Selasa, 12 Oktober 2010

Rumus Mudah untuk Menjadi yang Terbaik

Sebagai manusia, kita semua diarahkan untuk memiliki yang terbaik dalam hidup, untuk mendapatkan yang terbaik dalam hidup, untuk menjadi yang terbaik dalam hidup. Bukankah demikian? Berapa kali saja hal-hal tersebut muncul dalam benak kita?
“Saya ingin menjadi karyawan terbaik atau murid terbaik!” “Saya ingin memiliki sendiri telepon selular yang terbaik, mobil yang terbaik dan menikah dengan istri terbaik.”
Saudara-saudariku sekalian, sebagai seorang Muslim pernahkah terlintas dalam benak kita pemikiran “Saya ingin menjadi seorang Muslim yang Terbaik? Tinggalkan dulu hal ini, sekarang pernahkah kita memikirkan hal tersebut?
Pada masa ini, topik akan hal ini muncul, memberikan kita pemikiran kedua. Jika kamu meyakini bahwa untuk menjadi Muslim yang terbaik adalah dengan menghabiskan waktumu seharian penuh di Mesjid, atau berpuasa setiap hari selama hidupmu, maka pendapatmu itu salah!
Nabi Muhammad (S.A.W) memberi kita rumus mudah untuk menjadi yang terbaik:
“Yang terbaik dari kalian adalah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan kemudian mengajarkannya.” (Al-Bukhari).
Subhanallah, semudah itukah! Tidak membutuhkan bagi kamu untuk berdoa terus menerus selama 24/7. Bukan, kuncinya adalah firman Allah – Al Qur’an.
Berpeganglah pada hal tersebut jika hendak memulai membaca halamannya setiap hari (pastikan pula kamu memamahinya). Ini merupakan sesuatu yang Allah perintahkan di dalam Al-Qur’an.
“Dan berpeganglahteguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah (Al-Qur’an), dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu… (QS. 3:103)
“Dan sungguh, telah Kami Mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (QS. 54:17)
Manfaat-manfaat dari membaca Al-Qur’an
• Memenuhi kewajiban akan Islam
Rasululllah (kedamaian selalu tercurah padanya) men-summary-kan Agama di dalam sabdanya: “Agama adalah nasehat (tentunya)!” Kemudian para Sahabat bertanya, “Untuk siapa?” Rasulullah menjawab: “Untuk Allah semata, Kitab-Nya, Rasul-Nya, pemimpin-pemimpin masyarakat, dan kaum mereka umumnya.” (Sahih Muslim)
Ketulusan pada Kitab Allah termasuk membacanya setiap hari, mempelajari aturan tajwid dan mencoba untuk memperindah bacaan kita, memahami artinya. Tafsir dan alasan-alasan terhadap Wahyu Allah, dan lebih penting lagi untuk menegaskan akan Kebenaran, kesempurnaan Firman Allah dan bukan bagian dari ciptaan. Kita menghormatinya dengan membacanya, meng-implementasikan dalam hidup kita, mengajarinya dan menyarankan masyarakat untuk melakukannya. Maka dengan membaca dan merefleksikan Al-Qur’an, kita memenuhi kewajiban kita dan Insha Allah akan memperoleh pahala dari melakukannya.
• Syafaat di Hari Pengadilan
Rasulullah (kedamaian selalu tercurah padanya) bersabda: “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya akan datang pada Hari Pengadilan sebagai perantara untuk penegaknya.” (Sahih Muslim)
Pada setiap awal pagi kita menghabiskan waktu untuk membaca Al-Qur’an yang Insha Allah akan mendapatkan buah keuntungan bila tiba saatnya: Hari Pengadilan. Kita bahkan tidak dapat menyangka akan seperti apa, ketika Al-Qur’an akan mengetengahi kepada siapa yang patut mendapatkannya.
Semoga Allah menjadikan kita bersama mereka, Amiin.
• Berapa banyak dalam 5 menit?
Saya yakin tentunya kalian semua mengenal Hadist yang terkenal ini, “Siapa pun yang membaca satu kata dari Kitab Allah, maka dia akan mendapatkan pahala. Dan pahala tersebut akan dikalikan 10 (sepuluh). Aku tidak mengatakan kalau “Alif, Laam, Meem” itu adalah kata, lebih kepada Aku mengatakan bahwa “Alif” adalah satu huruf, “Laam” adalah satu huruf dan “Meem” adalah satu huruf.” (Al-Tirmidzi)
Subhanallah, dapatkan kalian bayangkan seberapa besar balasan kebaikan yang akan ditambah pada sisi kananmu dengan hanya membaca satu ayat? Ini merupakan suatu rahmat untuk kita semua.
Tidak ada akhir pada manfaat membaca Al-Qur’an. Juga, harapan dan pemikiran kita akan semakin bertambah positif, memberikan kita kejelasan dan pemahaman intelektual dalam hidup jika kita mencari tuntunan dari Al-Qur’an, Kitab Pencipta kita.
Semoga Allah membuat kita senantiasa bersama orang-orang pada Al-Qur’an dan membuat Al-Qur’an sebagai saksi kita pada Hari Pengadilan nanti dan tidak menyerang kita.
Maka marilah, pelajari dan bacalah Al-Qur’an, dan buatlah diri kamu agar beserta Umat-umat Muslim yang terbaik. Insha Allah.
Sumber: Saudi Gazette

Tidak ada komentar:

Posting Komentar